Terima Kasih Atas Kunjungannya......
Photobucket

5.11.10

Sejarah Nama Toyota Dari Toyoda

Toyota Motor Corp mengikuti Nama Presiden Akio Toyoda dan pendiri Kiichiro Toyoda. Tapi, adakah yang tahu alasan sebenarnya keluarga Toyoda mengganti nama perusahaan mereka menjadi Toyota?

Sebab di banyak literatur, hal tersebut dilakukan karena pengucapan huruf ‘t’ pada Toyota dirasa lebih enak dan mudah diingat dibandingkan dengan huruf ‘d’ pada Toyoda. Lidah orang Jepang pun kabarnya lebih mudah mengucapkan Toyota dibandingkan Toyoda meskipun pelafalan keduanya hampir sama.

Namun ternyata orang Jepang sama seperti orang Jawa yang selalu memperhitungkan segala sesuatu. Bila di Jawa kita selalu memperhitungkan sesuatu dengan metode ‘Weton’, di Jepang pun ternyata juga mengenal hal tersebut.

Dan nama Toyoda dirasa kurang memberi keberuntungan karena bila dihitung dengan hitungan tradisional Jepang, Toyoda bermuara ke angka 10. Sebuah angka yang dirasa kurang bagus untuk sebuah usaha.

Karena itulah salah satu pendiri Toyota, yang juga merupakan kakek dari Akio Toyoda, Kiichiro Toyoda, ketika tahun 1937 mengganti nama perusahaannya menjadi Toyota.

Karena menurut perhitungan, nama Toyota berafiliasi ke angka 8 yang menurut kepercayaan tradisional baik di Jepang maupun di China melambangkan keberuntungan dan kesuburan. Padahal Toyoda sendiri secara harafiah berarti ’sawah yang subur’.

Sejarah nama Toyota dari Toyoda kini keberuntungan dan reputasi Toyota tengah dipertaruhkan di dunia menyusul penarikan jutaan mobil Toyota di seluruh dunia.

1 komentar:

  1. SEO TOYOTA AWARDS 2010, baru tau brother klo ternyata toyota berasal dari kata "TOYODA" yang mengikuti nama presiden Akio Toyoda...

    BalasHapus